Google
 

About Me

Asha adalah sumber inspirasi dalam kehidupan saya. Memiliki anak adalah anugrah. Seorang ibu pasti akan memberikan yang terbaik untuk anaknya, begitu juga saya. Mulai dari belajar dari buku, majalah, dan lainnya kemudian men-sarikan yang terbaik untuk Asha. "Go Organic", "Go Natural", serta memfasilitasi anak saya agar dapat berkembang dengan maksimal/baik adalah tugas saya untuk memberikan fondasi/ landasan/dasar/pijakan baginya untuk bekal hidupnya kelak. Dan untuk selanjutnya biarlah anak berkembang sesuai dengan minatnya. Saya hanya akan membantu mengarahkannya saja. Mudah-mudahan saya bisa menuliskan semuanya disini, untuk saya sendiri supaya tidak lupa dan juga sebagai bahan introspeksi saya, untuk Asha jika besar nanti serta untuk para netter yang membutuhkan inspirasi dalam membesarkan buah hatinya ....

Thursday, July 19, 2007

Nutrisi akan terserap dengan baik pada saat balita tenang dan bahagia

Penyerapan nutrisi terbaik adalah jika balita dalam keadaan tenang dan bahagia. Karena itu jangan pernah memaksa anak untuk makan sehingga ia stress, marah. Waktu makan juga paling lama 20 menit. Jangan sampe berjam jam, karena apa selain makanannya tidak enak , anak juga sudah mulai bosan. Anak juga memiliki jam biologis jika ia kenyang.
Berdasarkan talk show Nutrisi dari Nestle Indonesia, Ririn pada radio Cosmopolitan FM tanggal 20 juli 2007 bersama Denny Gustri dan Santi Bonis.

Untung Asha ngga pernah bunda paksa untuk makan. kalo udah ga mau, yowis biarin aja. Nanti juga kalo lapar makan. Ya kan ? simple aja deh. Itu bedanya bunda dengan Hala Susi. Kalo hala susi suka maksa. Kadang Asha juga dipaksa makan, tapi bunda yang ngga setuju.

Sekarang Asha sudah bisa buka kulkas sendiri. Jadi kalau habis makan, turun dari kursi makan lari lagi ke kulkas ambil keju, trus kalau habis balik lagi, terus aja begitu. Sama suster dikasih ke kraft. Kraft yang slice itu padahal bunda beli untuk campuran makanan Asha bukan untuk di gado (hehehehe... gado means cemil , bahasa Jakarta , red) karena kraft itu asin sekali kalo buat di gado. Bunda sengan beli yang kotak kecil2 itu, sekali lep abis, dan itu ga asin. Akhirnya untuk akalin supaya asha ga sering2 makan keju kraft , keju kraftnya bunda pindahin tempat, dan ditempat itu di taruh keju kotak. Karena kalo disuruh milih, asha pasti ambil kraft. Bunda kawatir kalau asha sudah tau rasa yang terlalu kuat, nanti ngga suka rasa yang tidak kuat seperti sayur2an, tahu dan tempe... gitu loh.

Jida kawatir asha gendut kayak kakak fahmi dan farhan (anaknya hala susi), tapi bunda bilang engga apapa nyemil asal makanannya dipilih yang sehat dan ga bikin gemuk. Bunda nyediain keju karena asha pasti nyari, trus biskuit baby, trus marie regal, digestive, kalo buahnya macem2, buah rutin ada, dan buah cemilan adalah anggur, strawberry.

Sekarang asha malah lagi susah makan. semuanya ngga abis. kan ada ritmenya makanya bunda ngga pernah kawatir mengenai makan asha asal tidak berlebihan.

No comments: